TY - UNPB AV - public TI - PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA ANORGANIK UNTUK KELAS X SEKOLAH MENENGAH FARMASI (SMF) M1 - skripsi ID - UNY3235 UR - http://eprints.uny.ac.id/3235/ N2 - I'enelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar di bidang Pendidikan Kimia. 'f'ujuan penelitian pengembangara ini adalah mengembangkan buku ajar Kimia Anarganik untuk kelas X Sekolah Menen;ah Farmasi (SMF) serta untuk mengetahui kualitas buku ajar Kimia Anorganik tersebut rnenurut penilaian 5 guru kinlia. Per,:~,litian dilakukan xnelalui tiga tahap kegiatan. Pertama, pengurnpularr referensi dan penyusunan ranc;angan buku ajar Kimia Anorganik dexigan mengkonsultasikan kepada dosen pembimbing. Kedua, pembuatan buku ajar kimia dan niengkonsultasikan buku ajar Kimia Anorganik yang telah dibuat kepada dosen pembimbing serta mendapat masukan dari 2 orang ahli media clan 3 orang peer reviewer. Ketiga, melakukan penilaian buku ajar Kimia Anorganik tersebut dengan menyertakan instrumen penilaian kepada 3 guru kimia SMF dan 2 guru SMK jurusan kimia. Penilaian yang dilakukan meliputi 4 komponen penilaian dengan 35 butir penilaian. 1-lasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategorl penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku ajar Kimia Anorganik. Nasil penelitian ini berlipa buku ajar Kimia Anorganik untuk siswa Kelas X Sekolah Menengah I?armasi (SMF). Buku ajar tersebut terdiri dari S bab, yaitu Materi, Struktur Atom, Sistexn Periodik Unsur, Ikatan Kimia dan Larutan. Komponen buku ajar Kirnia Anorganik yang dikembangkan terdir7 dari pendahuluan, uraian materi, kegiatan percobaan dan demonstrasi, latihan soal, rangkuman dan latihan soal di tiap akhir bab. Buku ajar yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian 5 guru lcimia dengan skor 152,2 dan persen keidealan sebesar 86,975%, sehingga layak digunakan sebagai sumber bclajar penunjang. Y1 - 2010/09/03/ PB - UNY A1 - Puji , , Kurniawati ER -