@phdthesis{UNY32347, author = {Ashari Afandi}, title = {Pengembangan Modul IPS SMP Kelas VIII Semester 1 dengan Tema Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia}, school = {FIS}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32347/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya jam pelajaran IPS di SMP sehingga memerlukan bahan ajar berupa modul yang dapat dipelajari secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan modul untuk digunakan sebagai bahan ajar. 2) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap modul sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D). Instrumen pengumpulan data berupa angket/lembar validasi untuk validator dan angket penilaian untuk tanggapan guru dan siswa. Angket berisi daftar pernyataan yang disusun dengan skala Likert, dengan setiap butir pernyataan bernilai antara 1 (sangat kurang) sampai 5 (sangat baik). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan ditentukan melalui validasi desain oleh ahli materi dan ahli media sehingga diperoleh nilai rata-rata 4,08 oleh ahli materi dengan kategori ?baik? dan nilai rata-rata 4,38 oleh ahli media dengan kategori ?sangat baik?. 2) Tanggapan terhadap modul diperoleh nilai rata-rata 4,20 oleh guru dengan kategori ?baik? dan 4,38 oleh siswa dengan kategori ?sangat baik?.} }