%K persepsi orang tua siswa, pembelajaran penjas. %A Mega Mega Orbani Surya %X Beberapa orang tua siswa masih beranggapan bahwa mata pelajaran Pendidikan Jasmani kurang penting bagi perkembangan dan keberhasilan pendidikan anak-anaknya. Hal tersebut selaras dengan hasil observasi terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani ketika pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua siswa kelas IV di SD Negeri Mlati 1 terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 27 orang tua siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 dengan menggunakan angket. Angket terdiri dari 15 butir pernyataan, 2 butir dinyatakan gugur. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas IV SD Negeri Mlati 1 yang berjumlah 31 responden, yang terdiri dari 10 pria dan 21 wanita. Pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 13 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian ini: Persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani yang masuk kategori sangat baik 9,7%, kategori baik 16,1%, kategori cukup baik 38,7%, kategori kurang baik 32,3%, dan kategori tidak baik 3,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagian besar adalah cukup baik. %L UNY32339 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2015 %T PERSEPSI ORANG TUA SISWA KELAS IV SD NEGERI MLATI 1 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI