%0 Thesis %9 S2 %A Kusuma, Fatah Ardli %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:32305 %I UNY %K perencanaan pembelajaran, mahasiswa PPG, higher order thinking skill %T Studi Keterlaksanaan Perencanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mahasiswa PPG SM3T UNY 2015 %U http://eprints.uny.ac.id/32305/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) seberapa baik perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika mahasiswa PPG UNY 2015 kelas SM3T, (2) keterlaksanaan perencanaan pembelajaran fisika mahasiswa PPG SM3T UNY 2015 kelas SM3T pada aspek HOTS, dan (3) hubungan antara kemampuan mahasiswa PPG SM3T dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Fisika berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPG prodi pendidikan fisika UNY 2015 kelas SM3T. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel diambil sama dengan jumlah populasi yaitu seluruh mahasiswa PPG prodi pendidikan fisika UNY 2015 kelas SM3T yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dan kriteria penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika mahasiswa PPG UNY 2015 kelas SM3T masuk kategori baik, (2) keterlaksanaan perencanaan pembelajaran fisika mahasiswa PPG UNY 2015 kelas SM3T berbasis HOTS masuk kategori cukup baik, dan (3) Hubungan antara kemampuan mahasiswa PPG SM3T dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Fisika berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa menunjukkan hubungan positif namun sangat lemah