%I FBS UNY %D 2012 %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SANJA SANGU TREBELA KARYA PENI %L UNY32301 %K PENDIDIKAN MORAL, SANJA SANGU TREBELA, PENI %A Nindi Via Handita %X NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SANJA SANGU TREBELA KARYA PENI Oleh Nindi Via Handita NIM. 06205244044 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Novel Sanja Sangu Trebela. Nilai-nilai pendidikan moral tersebut ditinjau dari segi ajaran Islam dan kebudayaan Jawa serta relevansinya pada kehidupan sekarang. Objek dalam penelitian ini adalah Novel Sanja Sangu Trebela. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pembacaan dan pencatatan menggunakan kartu data. Teknik analisis data terdiri dari pencatatan, pengidentifikasian, mengklasifikasikan, dan analisis data. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis konten. Data diuji dengan validitas semantis. Reliabilitas data menggunakan cara reliabilitas antar pengamat, persetujuan antar subjek, dan konsensus antar pengamat terhadap isi Novel Sanja Sangu Trebela. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan moral yang terbagi menjadi empat kelompok. Pertama adalah nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Sanja Sangu Trebela. Kedua, nilai pendidikan moral dalam novel Sanja Sangu Trebela di kehidupan masyarakat sekarang, meliputi: (1) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan Tuhan, (2) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama manusia, (3) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan diri sendiri, (4) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan alam sekitarnya. Ketiga, nilai pendidikan moral dalam novel Sanja Sangu Trebela ditinjau dari segi ajaran Islam, meliputi: (1) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan Tuhan, (2) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama manusia, (3) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan diri sendiri. Yang terakhir nilai pendidikan moral dalam novel Sanja Sangu Trebela ditinjau dari segi kebudayaan Jawa. Dalam kategori ini ditemukan tiga nilai pendidikan moral, meliputi: (1) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama manusia, (2) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan diri sendiri, (3) Nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan alam sekitarnya