eprintid: 32245 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1205 dir: disk0/00/03/22/45 datestamp: 2016-05-03 07:07:47 lastmod: 2019-01-30 07:43:43 status_changed: 2016-05-03 07:07:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami, Fidiah Pamrih title: PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP ispublished: pub subjects: F subjects: ipa divisions: fmipa_pend_ipa full_text_status: public abstract: Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan hasil belajar IPA ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kurang optimal sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (2) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (3) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok, dan (4) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan pretestposttest nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII SMP N 2 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8 D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran science technology society and methods dan 8 C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran science technology society and methods, (2) soal pretest-posttest, (3) lembar observasi sikap ilmiah, dan (4) lembar observasi practical skills. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods terhadap kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok digunakan uji manova. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif sebesar 5,7 % dengan nilai signifikansi 0,028 dan nilai F sebesar 4,153; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif sebesar 28,0 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 20,237; (3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik sebesar 30,4 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 22,698; (4) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa sebesar 21,37% dengan nilai signifikansi 0,000 dan F sebesar 6,579. Kata kunci: science technology society and methods, kognitif, afektif, psikomotorik date: 2016-04-13 date_type: published institution: FMIPA department: UNY thesis_type: skripsi citation: Utami, Fidiah Pamrih (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32245/1/3%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/32245/2/5%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/32245/3/6%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/32245/4/7%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/32245/5/10%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf