TY - THES ID - UNY32245 UR - http://eprints.uny.ac.id/32245/ M1 - skripsi AV - public PB - FMIPA N2 - Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan hasil belajar IPA ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kurang optimal sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (2) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (3) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok, dan (4) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan pretestposttest nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII SMP N 2 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8 D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran science technology society and methods dan 8 C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran science technology society and methods, (2) soal pretest-posttest, (3) lembar observasi sikap ilmiah, dan (4) lembar observasi practical skills. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods terhadap kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok digunakan uji manova. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif sebesar 5,7 % dengan nilai signifikansi 0,028 dan nilai F sebesar 4,153; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif sebesar 28,0 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 20,237; (3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik sebesar 30,4 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 22,698; (4) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa sebesar 21,37% dengan nilai signifikansi 0,000 dan F sebesar 6,579. Kata kunci: science technology society and methods, kognitif, afektif, psikomotorik Y1 - 2016/04/13/ A1 - Utami, Fidiah Pamrih TI - PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP ER -