TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/32244/ AV - public TI - PERBEDAAN PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK ANTARA KELAS INDOOR DAN OUTDOOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH DI SMP N 2 KALASAN ID - UNY32244 M1 - skripsi PB - FMIPA A1 - Isnahuriyawati, Isnahuriyawati Y1 - 2016/03/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan metode outdoor learning dan indoor learning pada pembelajaran IPA berbasis masalah. (2) perbedaan peningkatan motivasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan metode outdoor learning dan indoor learning pada pembelajaran IPA berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen-1 yang menggunakan metode outdoor learning dan kelas eksperimen-2 yang menggunakan metode indoor learning. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data keterampilan berpikir kritis melalui pretestposttest dan observasi dan data motivasi belajar melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan posttest keterampilan berpikir kritis memiliki signifikansi 0,000. Hasil observasi keterampilan berpikir kritis memiliki signifikansi 0,002. Hasil observasi motivasi belajar memiliki signifikansi 0,021. Hasil uji-Gain pada kelas eksperimen-1 0,456 dan pada kelas eksperimen-2 0,243. Motivasi peserta didik pada kelas eksperimen-1 nilai pertemuan 1 adalah 49,375; pertemuan 2 adalah 53,125; pertemuan 3 adalah 63,75 dan kelas eksperimen-2 pertemuan-1 adalah 49,22; pertemuan 2 adalah 49,84; dan pertemuan 3 adalah 52,187. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas dengan metode outdoor learning dan indoor learning; (2) ada perbedaan peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas dengan metode outdoor learning dan indoor learning. Kata kunci: motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, metode outdoor learning, dan metode indoor learning. ER -