TY - THES A1 - Kurniawati, Sandra Astrie PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran ular tangga siaga gempa bumi, 2) mengetahui kelayakan isi dan penyajian media ular tangga siaga bencana gempa bumi, 3) mengetahui tingkat kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi sebelum dan sesudah menggunakan media ular tangga siaga bencana gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan memodifikasi model 4-D menjadi 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli pada aspek materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan, serta penilaian oleh praktisi. Media diujicobakan secara terbatas dan ujicoba lapangan pada anggota PMR di SDN Bhyangkara Yogyakarta. Tingkat kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi dites menggunakan kuesioner dari LIPI. Tes dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media ular tangga siaga bencana gempa bumi berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop); 2) hasil penilaian ahli materi dan media memperoleh kategori sangat baik, hasil penilaian praktisi terhadap media memperoleh kategori baik, hasil uji coba terbatas memperoleh kategori sangat baik dan hasil uji coba lapangan memperoleh hasil baik; 3) tingkat kesiapsiagaan siswa setelah menggunakan media mengalami kenaikan dari 59,20 menjadi 67,95 dan masuk kategori dari tingkat kesiapsiagaan rendah menjadi tingkat kesiapsiagaan sedang. Siswa antusias ketika menggunakan media untuk memahami materi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. Kata kunci: media ular tangga siaga, kesiapsiagaan, gempa bumi Y1 - 2016/05/02/ UR - http://eprints.uny.ac.id/32234/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA SIAGA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI ANGGOTA PMR SD BHAYANGKARA YOGYAKARTA AV - restricted ID - UNY32234 M1 - skripsi ER -