TY - THES PB - PGSD A1 - Prasetyawati, Elis Y1 - 2016/05/02/ N2 - Kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan peran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan peran guru terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode exspostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD gugus 4 Wates, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 242 dengan sampel berjumlah 150 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data pola asuh orang tua, peran guru, dan kemandirian belajar siswa. Uji validitas instrumen ini diujicobakan kepada 30 siswa. Uji Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas, dan multikolinieritas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan 77,74%; 2) peran guru berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 20,64%; dan 3) pola asuh orang tua dan peran guru secara bersama ? sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar Kata kunci: pola asuh orang tua, peran guru, kemandirian belajar siswa UR - http://eprints.uny.ac.id/32232/ TI - PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR GUGUS 4 WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY32232 ER -