eprintid: 32211 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/22/11 datestamp: 2016-05-02 02:30:21 lastmod: 2019-10-01 11:50:48 status_changed: 2016-05-02 02:30:21 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Nining Istiqomah, Nining Istiqomah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 Lokasi : SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No.39 Kotagede Yogyakarta ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMA N 5 Yogyakarta, Kimia abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Nyi Pembayun No. 39 Kotagede Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil menjadi pokok utama untuk melaksanakan PPL. Persiapan yang dilakukan adalah observasi sekolah dan observasi kelas termasuk peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Di bawah bimbingan Bapak Kasimin, S.Pd selama pelaksanaan PPL Pendidikan Kimia, program-program PPL dapat berjalan dengan baik. Hal-hal yang dilakukan adalah mempersiapkan pembelajaran (seperti membuat RPP, media pembelajaran, metode, dan soal-soal evaluasi), praktik mengajar dengan Kurikulum 2006 untuk materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia di kelas XA sampai XH dengan rata-rata siswa 32 orang. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL disusun dan dilaksanakan denga baik. Program ini memberikan pengalaman yang sangat membantu mahasiswa dalam mematangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah dan mengetahui karakter peserta didik SMA yang sangat ingin tahu. Meskipun selama kegiatan PPL terdapat hambatan dan kendala, namun semua dapat dihadapi dengan kerjasama dari semua pihak. Akhir kata dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa diharapkan banyak mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dari berbagai pihak serta dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dan menjadikan mahasiswa berfikir lebih kreatif. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Nining Istiqomah, Nining Istiqomah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 Lokasi : SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No.39 Kotagede Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32211/1/Nining%20Istiqomah_12303241041.pdf