eprintid: 32194 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/21/94 datestamp: 2016-04-29 06:57:33 lastmod: 2019-10-01 11:51:32 status_changed: 2016-04-29 06:57:33 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: RIDWAN BUDIYANTO, RIDWAN BUDIYANTO title: LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, UNY. Mata kuliah ini diadakan di bawah Unit Program Pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan dan Praktik Kerja Lapangan (PPP PPL & PPL) LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. PPL/Magang diselengggarakan dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa melalui praktik mengajar langsung di sekolah dasar, sehingga dapat menambah kualitas dan kompetensi sebagai calon guru yang professional. Kegiatan PPL ini dilaksakan di SDN Surokarsan 2. Program kegiatan selama masa PPL yaitu program mengajar dan non mengajar. Program mengajar terdiri atas dua jenis, yaitu mengajar terbimbing dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak empat kali (2 kali di kelas rendah dan 2 kali di kelas tinggi), sedangkan ujian praktik mengajar dilaksanakan sebanyak dua kali (satu kali kelas rendah dan satu kali kelas tinggi). Selama praktik mengajar, mahasiswa melakukan konsultas, pelaksanaan, dan evaluasi dengan guru pembimbing untuk mencapai hasil yang optimal. Kelengkapan mengajar dilengkapi dengan RPP, Silabus, Media, dan bahan ajar yang sesuai. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan non mengajar, seperti apel, senam, lomba kemerdekaan, membantu administrasi guru, rapat guru, dan sebagainya. Selama kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan pengalaman baru dan konkret sebagaimana yang dijalani oleh guru sesungguhnya. Melalui perkuliahan di kampus dan praktik secara langsung di SD PPL, semakin menambah pengalaman dan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru. Pelaksanaan PPL dapat memberikan wawasan, pengalaman, menambah keterampilan mengajar, kemampuan sosial, melatih kepribadian, dan sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu dan teori yang selama ini dipelajari. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: RIDWAN BUDIYANTO, RIDWAN BUDIYANTO (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32194/1/RIDWAN%20BUDIYANTO_12108244046.pdf