@techreport{UNY32192, year = {2015}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {PUJI DWI NURIYATUN PUJI DWI NURIYATUN}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI SUROKARSAN II YOGYAKARTA}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SD Negeri Surokarsan II berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Penyelenggaraan kegiatan PPL dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL fokus pada praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilakukan sebanyak empat kali. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilakukan dikelas III, dan IV. Sedangkan ujian praktik mengajar dilakukan dua kali dikelas III dan IV. Praktik mengajar memakai kurikulum KTSP dengan mata pelajaran eksakta dan noneksakta untuk kelas tinggi. Sedangkan untuk kelas rendah menggunakan kurikulum tematik KTSP. Praktik mengajar dibimbing dan dinilai oleh guru kelas. Tujuan adalah untuk memberikan masukan dan arahan kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan keterampilan mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Surokarsan II dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32192/} }