TY - RPRT N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 28 mahasiswa dari 12 program studi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 12 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan perminggu dengan rincian sebagai berikut: 4 kelas X dengan pelajaran teori, 3 kelas XI dan 3 kelas XII dengan pelajaran praktik secara team teaching. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran dengan satu jam pelajaran berdurasi 45 menit. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas X adalah Apresiasi Seni Tari, untuk kelas XI adalah Pengenalan Tari Nusantara sedangkan untuk kelas XII yaitu Pengenalan Tari Mancanegara. Apresiasi Seni Tari yang diajarkan meliputi pokok bahasan jenisjenis tari menurut fungsi, unsure-unsur dalam tari, jenis-jenis tari berdasarkan penyajian, tema dalam tari, periodesasi tari di Indonesia, pengenalan level dan pola lantai dalam tari. Semua itu disampaikan dengan metode ceramah dan berdiskusi. Pengenalan Tari Nusantara yang diajarkan meliputi pokok bahasan Tari Yospan dari Papua, sedangkan Pengenalan Tari Mancanegara yang diajarkan meliputi pokok bahasan Tari Polandia. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. AV - public M1 - project_report TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No. 39 Kotagede Yogyakarta A1 - Aprilia Jinah Maryati, Aprilia Jinah Maryati PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY32180 KW - PPL KW - Aktif KW - Pembelajaran KW - Seni Tari UR - http://eprints.uny.ac.id/32180/ Y1 - 2015/// ER -