@phdthesis{UNY32173, year = {2016}, school = {UNY}, title = {SIMULATOR KERUSAKAN LAPTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA}, author = {Hari Hartomo Agung}, abstract = {SIMULATOR KERUSAKAN LAPTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Agung Hari Hartomo NIM. 08502241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan simulator kerusakan laptop, mengetahui unjuk kerja simulator kerusakan laptop, dan menguji tingkat kelayakan simulator kerusakan laptop sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perakitan dan perbaikan komputer di SMK PIRI I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Objek penelitian ini adalah simulator kerusakan laptop. Tahap pengembangan produk meliputi 1) Analisis, 2) Desain, 3) Implementasi, 4) Pengujian, 5) Validasi, dan 6) Ujicoba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1) Pengujian dan pengamatan unjuk kerja, 2) Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi pembelajaran dan tiga ahli media pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulator kerusakan laptop dapat bekerja sesuai dengan tujuannya yaitu mampu memperagakan 9 simulasi kerusakan laptop secara nyata sehingga dapat membuat siswa lebih cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan gejala kerusakan pada laptop. Hasil uji validasi isi media pembelajaran dari penelitian ini memperoleh persentase 88,4\% sehingga dikatagorikan sangat layak. Untuk uji validasi konstruk pada penelitian ini memperoleh persentase 88,0\% sehingga dikatagorikan sangat layak. Pada uji pemakaian kepada siswa SMK persentase yang didapatkan sebesar 85,2\% sehingga dikatagorikan sangat layak. Kata kunci: Research and Development, Simulator Kerusakan Laptop}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32173/} }