?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F32119%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)&rft.creator=Yulistiana+Nindi+Nur+Imawati%2C+Yulistiana+Nindi+Nur+Imawati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+wajib+dengan+bobot+3+sks+yang+harus+ditempuh+oleh+seluruh+mahasiswa+Universitas+Negeri+Yogyakarta+yang+mengambil+program+studi+kependidikan.+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+upaya+yang+dilakukan+oleh+pihak+Universitas+Negeri+Yogyakarta+sebagai+suatu+kegiatan+latihan+kependidikan+yang+bersifat+intrakurikuler.+Kegiatan+ini+bertujuan+untuk+membekali+mahasiswa+agar+memiliki+kemampuan+berupa+ketrampilan+dalam+bidang+pembelajaran+dan+manajerial+sekolah+atau+lembaga%2C+dalam+rangka+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi+keguruan+atau+kependidikan.%0D%0AKegiatan+PPL+terbagi+dalam+beberapa+tahapan+yaitu+persiapan+mengajar+dan+pelaksanaan+mengajar.+Tahap+persiapan+dimulai+dari+observasi.+Mahasiswa+menempuh+mata+kuliah+micro+teaching+di+kampus+yang+merupakan+mata+kuliah+untuk+melatih+mahasiswa+dalam+mengajar.+Sebelum+mengajar%2C+mahasiswa+harus+mempersiapkan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)+dan+media+pembelajaran.+Pelaksanaan+kegiatan+PPL+dimulai+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+12+September+2015.+Dalam+praktik+mengajar%2C+mahasiswa+diberi+kesempatan+untuk+mengajar+di+kelas+XI+TKJ+A%2C+XI+TKJ+B+dan+X+TKJ+B+dengan+jumlah+mengajar+sebanyak+10+kali+pertemuan.+Melalui+program+PPL+ini+mahasiswa+dapat+memperoleh+banyak+manfaat%2C+antara+lain+%3A+(1)+program+PPL+memberikan+kesempatan+dalam+melakukan+pemantapan+kemampuan+professional+Guru+%3B(2)+mendemonstrasikan+kompetensi+dalam+merencanakan%2C+melaksanakan+%3B(3)+melakukan+perbaikan+pembelajaran+yang+berorientasi+pada+pengembangan+potensi+peserta+didik+%3B(4)+mendalami+karakteristik+peserta+didik+dalam+rangka+memotivasi+belajarnya+%3B(5)+mengidentifikasi+permasalahan+pembelajaran+di+kelas+dan+mengatasi+permasalahan+pembelajaran+tersebut+secara+individu+maupun+kelompok+%3B(6)+menerapkan+pembelajaran+inovatif+%3B(7)+wahana+melatih+bekerja+secara+tim.%0D%0ADari+pelaksanaan+kegiatan+PPL+di+SMK+N+1+Pundong+ini+dapat+disimpulkan%2C+bahwa+kegiatan+ini+dapat+memberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa+dalam+pengembangan+kompetensi+di+bidang+pendidikan%2C+memberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa+untuk+belajar+dan+mengenal+segala+permasalahan+di+sekolah+yang+terkait+dengan+proses+pembelajaran%2C+memberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa+untuk+menerapkan+ilmu%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+yang+telah+dipelajari+dalam+kehidupan+nyata+di+sekolah%2C+serta+dapat+meningkatkan+hubungan+kemitraan+yang+baik+antara+UNY+dengan+sekolah+yang+terkait.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F32119%2F1%2Flaporan%2520PPL_Yulistiana%2520Nindi%2520_12520241015.pdf&rft.identifier=++Yulistiana+Nindi+Nur+Imawati%2C+Yulistiana+Nindi+Nur+Imawati++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++