eprintid: 32099 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/20/99 datestamp: 2016-04-28 03:43:34 lastmod: 2019-10-01 11:47:14 status_changed: 2016-04-28 03:43:34 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dewi Puspita Sari, Dewi Puspita Sari title: LAPORANPPL LOKASI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PPL / Magang III, mahasiwa melakukan praktik mengajar terbimbing dengan satu siswa disatu kelas sebanyak 4 kali pertemuan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Selama PPL / Magang III, terdapat beberapa kemajuan yang dialami siswa setelah mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing terutama perkembangan dalam perilaku anak. Selain itu, ada kegiatan ketrampilan yang dilakukan rutin selama seminggu di sekolah yang dilaksanakan di sela-sela jam belajar. Seperti Jumat bersih, game show kemerdekaan, pendampingan senam pagi, pendampingan upacara bendera, pendampingan karawitan, pendampingan menari, pendampingan menyanyi, pendampingan jalan sehat dan renang, serta pendampingan sensori integrasi dan drum band. Penataan buku perpustakaan sekolah juga dilakukan sebagai program untuk sekolah. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Dewi Puspita Sari, Dewi Puspita Sari (2015) LAPORANPPL LOKASI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32099/1/Dewi%20Puspita%20Sari%20%2812103244049%29.pdf