%L UNY32016 %D 2015 %T TINGKAT KEAKTIFAN SISWA KELAS V DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN TONNIS DI SD N 01 REJOSARI KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %A Thomas Prasetyo Utomo %K keaktifan, tonnis %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat keaktiafan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis di SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dimana pengumpulan informasi atau data menggunakan kuesioner berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Setelah itu dideskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul dengan tidak membuat kesimpulan yang umum dan generalisasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan 4 alternatif pilihan jawaban, yaitu sangat setuju, setuju, kurang setuju, dan tidak setuju. Data yang diperoleh kemudian dikonversikan kedalam tabel prediksi, untuk mengklarifikasikan besar/tingginya tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis di SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus menggunakan 3 kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Data yang sudah di kategorikan tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis diskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis di SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus secara umum berkategori sedang. Secara keseluruhan yang masuk kategori rendah sebanyak 2 siswa atau 9,5%, kategori sedang sebanyak 15 siswa atau 71,4%, dan 19,1% mempunyai kategori tinggi atau sebanyak 4 siswa.