TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/31982/ ID - UNY31982 TI - PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BACA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 A1 - Kurnia Sari Hidayah, Ayu N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (3) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (4) Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,740 dan thitung 6,674 > ttabel 2,000, minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,559 dan thitung 7,115 > ttabel 2,000, pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,414 dan thitung 6,538 > ttabel 2,000, kemandirian belajar, minat baca, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi X1 0,328, X2 0,267, X3 0,183 dan fhitung 27,663 > ftabel 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar, minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah maka semakin tinggi prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Y1 - 2016/// KW - Kemandirian Belajar KW - Minat Baca KW - Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah KW - Prestasi Belajar akuntansi PB - Fakultas Ekonomi UNY AV - public M1 - skripsi ER -