@phdthesis{UNY31973, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {Ade Prahmadia Fuad}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31973/}, keywords = {Media Pembelajaran, Komik, Motivasi Belajar Akuntansi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbentuk Komik, 2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi pada kompetensi Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D) yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) model pengembangan 4D. Pada tahap pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik dinilai kelayakannya sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi oleh 3 Ahli Materi, 3 Ahli Media, 1 Guru Akuntansi, dan melakukan uji coba terbatas. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik melalui empat tahap membuat media pembelajaran yaitu: a) tahap pendefinisian, b) tahap perancangan, c) tahap pengembangan pada tahap ini penilaian kelayakan Media Pembelajaran Berbentuk Komik oleh 3 Ahli Materi, 3 Ahli Media dan 1 Guru Akuntansi memperoleh rata-rata skor 3,37 yang termasuk kategori sangat baik menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbentuk Komik layak digunakan. Tahap uji coba terbatas kepada 8 Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK YPKK 1 Sleman memperoleh rata-rata skor 3,41 yang termasuk kategori sangat baik dan Motivasi Belajar Akuntansinya meningkat sebesar 6,72\% dari 69,06\% menjadi 75,78\% menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbentuk Komik layak digunakan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi, d) tahap penyebaran yaitu implementasi produk untuk ketercapaian tujuan, 2) Peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi berdasarkan analisis data angket Motivasi Belajar Akuntansi sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Berbentuk Komik diperoleh peningkatan sebesar 6,79\% dari 71,64\% menjadi 78,43\%. Pada hasil uji t berpasangan yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Berbentuk Komik, maka kesimpulannya adalah Media Pembelajaran Berbentuk Komik dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi pada kompetensi Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016.} }