%L UNY31960 %K Pengetahuan, Kesehatan Pribadi, Siswa SD, Media Poster %A Mursinah %X Permasalahan penelitian adalah ada beberapa siswa kelas III SD Negeri Triharjo Sleman yang masih belum paham dalam menjaga kesehatan pribadinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya tingkat pengetahuan kesehatan pribadi siswa kelas III di SD Negeri Triharjo Sleman Dengan Pendekatan Media Pembelajaran Berbentuk Poster. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu pengetahuan kesehatan pribadi. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Triharjo Sleman sejumlah 34 siswa. Instrumen dalam bentuk teknik tes tertulis dengan model tes obyektif dan hasilnya berupa skor yang bersumber dari Ganda Saputra (2015: 28). Teknik pengumpulan data dengan observasi penilaian hasil belajar kesehatan pribadi. Analisis data yang digunakan dalam penilaian hasil belajar siswa menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan pribadi siswa kelas III di SD Negeri Triharjo Sleman dengan pendekatan media pembelajaran berbentuk poster, untuk kategori “baik sekali” sebanyak 16 siswa atau sebesar 47,05%; kategori “baik” sebanyak 14 siswa atau sebesar 41,18%; kategori “sedang” sebanyak 4 siswa atau sebesar 11,77%; kategori “kurang” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0 %; dan kategori “kurang sekali” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0 %. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2015 %T TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS III DI SD NEGERI TRIHARJO SLEMAN DENGAN PENDEKATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK POSTER