TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran siswa lamban belajar (slow learner) kelas II SD N Jlaban, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud meliputi kegiatan perencanaan, proses pembelajaran, serta evaluasi/tindak lanjut dalam pembelajaran siswa lamban belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripstif. Subjek penelitiannya adalah guru kelas II SD N Jlaban. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II melaksanakan pembelajaran yang sama untuk siswa reguler dan siswa lamban belajar. Hal tersebut dapat dilihat sejak proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi/tindak lanjut. Guru melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab tentang keadaan sekitar siswa. Guru melakukan motivasi dengan cara mengajak siswa bernyanyi atau melakukan berbagai macam tepuk. Tidak terdapat RPP khusus untuk siswa lamban belajar. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah ceramah dan tanya jawab. Salah satu perlakukan khusus untuk siswa lamban belajar adalah diadakannya tambahan waktu menyelesaikan tugas setelah pulang sekolah. Guru kunjung hanya mendampingi siswa mengerjakan tugas ketika pembelajaran berlangsung. Guru kunjung masuk ke kelas II setiap hari Selasa dan Jumat. Kata Kunci: Pelaksanaan pembelajaran, Siswa lamban belajar (slow learner) Y1 - 2016/04/27/ PB - PGSD TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) KELAS II SD N JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO A1 - Nugrahayati, Witrias Swestika M1 - skripsi AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/31924/ ID - UNY31924 ER -