TY - THES AV - public KW - KARIKATUR KW - SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TI - PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI BERBAHASA JAWA KELAS XB SMA NEGERI 2 PURBALINGGA M1 - skripsi ID - UNY31901 UR - http://eprints.uny.ac.id/31901/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas Xb SMA Negeri 2 Purbalingga dengan menggunakan media karikatur. Karikatur merupakan media pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai yaitu meningkatnyakemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xb SMA Negeri 2 Purbalingga. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Rancangan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode, meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan dan hasil tes. Hasil penelitian ini adalah media karikatur meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi berbahasa Jawa pada siswa kelas Xb SMA Negeri 2 Purbalingga. Berdasarkan pengamatan selama penelitian berlangsung terdapat keberhasilan proses dan prestasi. Indikator keberhasilan proses pada siswa tersebut dapat dilihat dari perubahan sikap siswa menjadi bersemangat, antusias dan termotivasi dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi berbahasa Jawa. Selain itu, keberhasilan prestasi terlihat pada peningkatan nilai menulis argumentasi siswa. Keberhasilan PTK secaraprestasiditunjukandengantercapainya minimal 70% siswatelah KKM.Hasildariprosentasisiklus III telahmencapai 73%.Adapunrincianpencapaian KKM padapenelitiansebagaiberikut: padapratindakansebanyak 3 siswa atau 11,5%, siklus I sebanyak 6 siswa atau 23%, siklus II sebanyak 9 siswa atau 34,6% dan siklus III sebanyak 19 siswa atau 73%. Y1 - 2014/09/30/ PB - FBS UNY A1 - Aisyah, Baiq Nur ER -