%0 Thesis %9 S1 %A Fitri Handayani, Fitri %A Dr. Nurhadi, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2016 %F UNY:31863 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/31863/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis puisi di kelas X SMAN 5 Yogyakarta antara siswa yang menggunakan model pembelajaran sinektik dengan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran sinektik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran sinektik ini efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara acak. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan kelas XF sebagai kelompok eksperimen dan XG sebagai kelompok kontrol. Tes berupa pretest dan posttest. Soal dalam penelitian ini berupa tes soal menulis puisi. Pengujian hasil penelitian ini dengan program SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji-t sampel bebas posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t -4,125 dengan df 62 dan P sebesar 0,000 (P<0,05). Hasil analisis uji-t sampel berhubungan pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t -6,102 dengan df 31 dan P sebesar 0,000 (P<0,05). Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran sinektik dengan kelompok yang tanpa menggunakan model pembelajaran sinektik.