%0 Thesis %9 S1 %A Agericharisma, - %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:31859 %I PGSD %T STUDI KOMPARASI PENANAMAN SIKAP DISIPLIN DI SDN PUJOKUSUMAN I DAN SDN WONOSARI I %U http://eprints.uny.ac.id/31859/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap disiplin di SDN Pujokusuman I dan SDN Wonosari I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Sumber data penelitian ditentukan secara purposive meliputi 1 kepala sekolah, 2 guru kelas, 1 guru pembimbing ekstrakurikuler, dan 3 siswa setiap sekolah di SDN Pujokusuman I dan SDN Wonosari I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data sesuai Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian di SDN Pujokusuman I dan SDN Wonosari I menunjukkan penanaman sikap disiplin melalui proses pembelajaran yaitu terencana dalam RPP, serta terlaksana dalam pembelajaran dan evaluasi, serta tidak melalui penilaian sikap disiplin. Penanaman sikap disiplin melalui budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian lingkungan sekolah. SDN Wonosari I menerapkan peraturan dan pemberian hukuman untuk semua bentuk ketidakdisiplinan, sedangkan penerapan peraturan dan hukuman di SDN Pujokusuman I masih perlu ditingkatkan. SDN Wonosari I memberi penghargaan kepada siswa. Penanaman sikap disiplin melalui ekstrakurikuler melalui disiplin waktu, serta penerapan peraturan dan hukuman. Manajemen Berbasis Sekolah mendukung penanaman sikap disiplin kepada siswa. Kata kunci: penanaman sikap disiplin, SDN Pujokusuman I, SDN Wonosari I