%T LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %J Laporan PPL %L UNY31847 %K UNY, Laporan, PPL, SMA Negeri 1 Sedayu %A Ana Siti Nurjanah Ana Siti Nurjanah %X Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu pencetak lulusan calon guru memberikan pembekalan praktis kependidikan bagi mahasiswa yaitu dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan dari kegiatan PPL adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Kegiatan PPL dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa untuk mempraktekkan semua kompetensi yang telah dikuasai selama perkuliahan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu menempuh kegiatan pra-PPL yang meliputi kegiatan pembelajaran mikro dan observasi sekolah. kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa tentang proses mengajar dan diharapakan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sendiri sebagai tenaga kependidikan yang professional pada saat memasuki dunia kerja. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman lapangan (PPL) berada di SMA Negeri 1 Sedayu yang beralamat di Jl. Kemusuk Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukan praktikan adalah mengajar mata pelajaran kimia kelas X MIA 1, X MIA 3 dan X MIA 4. Adapaun rancangan kegiatan PPL terdiri dari tahap persiapan PPL, observasi di sekolah, kegiatan PPL, penyusunan laporan, dan penarikan PPL. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan kegiatan persiapan mengajar (koordinasi konsultasi dengan guru pembimbing, penguasaan materi, penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran, dan alat evaluasi). Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan inti dari PPL yaitu pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing, adapun kemampuan yang dilatih meliputi dari pendahuluan, kegiatan inti serta penutupan pembelajaran. Selain praktik mengajar, praktikan juga melaksanakan kegiatan di sekolah seperti piket di ruang guru. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa calon guru atau pendidik untuk meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijasikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang professional, yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan, dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu laporan PPL disusun untuk mempertanggungjawabkan seluruh pelaksanaan PPL serta memberikan gambaran bagi pihak LPPMP dalam rangka memperbaiki serta mempertahankan program PP