%D 2016 %I UNY %T Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis SETS terhadap Scientific Literacy dan Cross Disciplinary Knowledge Peserta Didik Kelas VII SMP di Kota Makassar %L UNY31836 %A Rini Budiarti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh pembelajran IPA berbasis SETS terhadap scientific literacy dan cross disciplinary knowledge peserta didik kelas VII SMP di Kota Makassar, (2) capaian scientific literacy kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional, (3) capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi SMP di Kota Makassar yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel sebanyak tiga sekolah ditentukan berdasarkan stratifikasi sekolah, yaitu SMPN 12 Makassar untuk sekolah kategori tinggi, SMP Islam Athirah Makassar untuk sekolah kategori sedang, dan SMPN 3 Makassar untuk sekolah kategori rendah. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan majemuk beralasan. Uji MANOVA dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap kedua variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh variable bebas terhadap masing-masing variabel terikat dilakukan dengan uji t dan uji U-mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada semua kategori sekolah SMP di Kota Makasar, pembelajaran IPA berbasis SETS berpengaruh signifikan terhadap scientific literacy dan cross disciplinary knowledge peserta didik kelas VII SMP; (2) pada semua kategori sekolah SMP di Kota Makassar, capaian scientific literacy kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS rata-rata lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional; (3) pada sekolah SMP kategori atas dan menengah, capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS rata- rata lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional, sedangkan pada sekolah kategori rendah capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS rata-rata tidak lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional %K SETS, scientific literacy, cross disciplinary knowledge