%T Pengaruh Modal Sosial, Kompetensi Guru dan Intensitas Kegiatan MGMP terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP Kota Yogyakarta %I UNY %D 2016 %K Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme Guru %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh modal sosial terhadap profesionalisme guru, (2) pengaruh kompetensi guru dengan profesionalisme guru, (3) pengaruh intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru, (4) pengaruh modal sosial, kompetensi guru, dan intensitas kegiatan MGMP secara simultan terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan seluruh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang tergabung dalam MGMP Yogyakarta, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah semua populasi atau sampling jenuh. Data diperoleh dari angket dengan skala Likert. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan Expert Judgment dan Confirmatory Factor Analisys (CFA). Pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha (α). Analisis data menggunakan teknik statistik Simple Linear Regression dan Multiple Regression Analysis (MRA) dengan uji signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modal sosial berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 14,2% dan probabilitas 0,001; (2) kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 12% dan probabilitas 0,042; (3) intensitas kegiatan MGMP berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) sebesar -0,1% dan probabilitas 0,018; (4) modal sosial, kompetensi guru dan intensitas kegiatan MGMP secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif (R^2) 22% dan probabilitas 0,000. Hal ini berarti variabel bebas X1, X2 dan X3 mempengaruhi variabel terikat (Y) secara terpisah maupun secara bersama-sama %A Reza Armin Abdillah Dalimunthe %L UNY31827