TY - THES AV - public M1 - tesis TI - Pengaruh Intensitas Kegiatan MGMP, Iklim Sekolah, dan Komitmen Kerja terhadap Profesionalisme Guru SMA Bidang Keahlian Ekonomi di Kota Yogyakarta A1 - Pangestika, Ratna Rosita KW - Profesionalisme guru KW - Komitmen Kerja KW - Intensitas kegiatan MGMP KW - Iklim sekolah PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru SMA bidang keahlian Ekonomi di Kota Yogyakarta; (2) pengaruh iklim sekolah terhadap profesionalisme guru SMA bidang keahlian Ekonomi di Kota Yogyakarta; (3) pengaruh komitmen kerja terhadap profesionalisme guru SMA bidang keahlian Ekonomi di Kota Yogyakarta; dan (4) pengaruh intensitas kegiatan MGMP, iklim sekolah dan komitmen kerja secara simultan terhadap profesionalisme guru SMA bidang keahlian Ekonomi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi di mana pengambilan sampel yang digunakan adalah semua populasi atau sampling jenuh. Data diperoleh dengan non-tes berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas dilakukan dengan Expert Judgement dan Confirmatory Factor Analisys (CFA). Pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach?s Alpha (?). Analisis data menggunakan teknik statistik Regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) intensitas kegiatan MGMP berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif ( ) 14,2%; (2) iklim sekolah berpengaruh negatif terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif () 28%; (3) komitmen kerja berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif () sebesar 9.3 % dan (4) intensitas kegiatan MGMP, iklim sekolah dan komitmen kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, dengan kontribusi efektif ( ) 21.4%. Hal ini berarti variabel bebas X1, X2 dan X3 mempengaruhi variabel terikat (Y) secara terpisah maupun secara bersama-sama Y1 - 2016/04/30/ ID - UNY31822 UR - http://eprints.uny.ac.id/31822/ ER -