%T TINGKAT AKTIVITAS HARIAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI WILAYAH URBAN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROPINSI DIY %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2016 %K Aktivitas Harian, Aktivitas Jasmani, siswa, Wilayah Urban %A Ratna Kurniawati %X Masalah budaya hidup inaktif dan obesitas yang semakin meningkat perlu ditanggulangi. Selain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah sebagai tempat belajar anak juga berpotensi menjadi sarana untuk aktif beraktivitas jasmani. Terkait hal ini, belum diketahui data atau hasil penelitian mengenai seberapa besar tingkat aktivitas jasmani harian siswa sekolah dasar di wilayah urban propinsi DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani harian siswa kelas V sekolah dasar di wilayah urban Propinsi DIY. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD kelas V di wilayah urban Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hal tersebut maka sampel yang memenuhi kriteria berasal dari SD N Samirono dan SD N Catur Tunggal 7 yang berjumlah 54 siswa, terdiri dari 33 siswa dari SD N Samirono dan 21 siswa SD N Catur Tunggal 7. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data data menggunakan kuisoner (angket) dari Physical Activity Questionnaire for Older Childern (PAQ-C) miik Kent C Kowalski et at (2004) yang sudah dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah tingkat aktivitas jasmani harian siswa kelas V sekolah dasar di wilayah urban Propinsi DIY adalah 3,70% dengan kategori sangat rendah, 42,59% rendah, 44,44% tinggi, 9,26% sangat tinggi. %L UNY31806