%0 Thesis %9 S1 %A Alfajri, Arvina %A Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %F UNY:31780 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %T PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA UNGGULAN KABUPATEN KARANGANYAR %U http://eprints.uny.ac.id/31780/ %X ABSTRAK Perancangan media promosi Wisata Unggulan Kabupaten Karanganyar bertujuan untuk membuat konsep perancangan dan visualisasi perancangan media utama serta media pendukung. Pendekatan cartoon dan flat design digunakan dalam perancangan maskot dan ilustrasi. Konsep yang digunakan dalam perancang ini adalah flat lay photography dan story telling, sebagai media infomasi serta promosi potensi wisata unggulan Kabupaten Karanganyar yang komunikatif, kreatif, artistik dan efektif, Sehingga bisa menarik wisatawan dan memberikan informasi dengan jelas tentang potensi wisata yang ada. Proses perancangan media promosi melalui tahapan-tahapan, pengumpulan data, analisis data dengan SWOT (strengths, weakness, opportunities, threats) dan kesimpulan final design. Metode visualisasi desain mengacu pada kreatifitas dan inovasi melalui tahapan proses membuat idea layout, rought layout, comprehensive layout dan complete layout. Hasil dari penyusunan karya menggunakan konsep flat lay photography dan konsep story telling. Ilustrasi fotografi yang dikomposisikan dengan maskot, tagline, ilustrasi dengan pendekatan cartoon dan flat design. Penggunaan warna yang cerah menimbulkan efek visual yang menarik dengan dasar perancangan yang sederhana. Digunakan dua jenis huruf yaitu kaushan script dan brsustroke plain. Instrumen yang dipakai adalah perangkat komputer dan manual. Visualisai karya di aplikasikan ke dalam media promosi utama yaitu baliho dan media pendukung yaitu umbul-umbul, buku panduan wisata, leaflat dan souvenir (pin, mug, t-shirt, botol tumbler, dan kalender).