eprintid: 31755 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/17/55 datestamp: 2016-04-25 06:17:47 lastmod: 2019-01-30 07:29:43 status_changed: 2016-04-25 06:17:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmat, Hidayat title: Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik ispublished: pub subjects: G8 divisions: ft_jurdik_mesin_pend_mesin full_text_status: public abstract: Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Oleh : Rahmat Hidayat 11503241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap peningkatan prestasi belajar siswa jurusan teknik mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih yang diajar dengan metode pembelajaran PBL pada mata pelajaran Mekanika Teknik, dan (2) mengungkap metode pembelajaran PBL yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan yaitu : (1) studi dan perencanaan, (2) pengambilan tindakan, (3) pengumpulan dan analisis kejadian dan, (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih. Data dikumpulkan dengan tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t-tes. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus 1 dengan 8 siswa yang tidak tuntas KKM (25 %), menurun pada siklus 2 dengan 17 siswa tidak tuntas KKM (53.125%), menurun pada siklus 3 dengan 10 siswa yang tidak tuntas KKM (31.25), dan meningkat pada siklus 4 dengan 1 siswa yang tidak tuntas KKM (3.125%), (2) metode PBL yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar Mekanika Teknik siswa kelas X jurusan teknnik mesin adalah PBL yang menekankan pendekatan personal yang humanis dalam proses pembelajaran. Kata kunci: problem based learning, prestasi belajar, dan mekanika teknik date: 2016 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Rahmat, Hidayat (2016) Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31755/1/RAHMAT%20HIDAYAT%2011503241009.pdf