%0 Report %9 Project Report %A Eki Trijaya Putra, Eki Trijaya Putra %D 2015 %F UNY:31738 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, TK Taman Indria Dlingo, Mengajar %T LAPORANPRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK TAMAN INDRIA DLINGO BANTUL YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/31738/ %X PraktikPengalamanLapanganadalahsebuahsaranabagimahasiswa program kependidikanuntuksemakinmeningkatkankemampuandalammengelolapembelajaran. Melaluikegiatanini,keempatkompetensi guru yang meliputikompetensipedagogik, kompetensiprofesional, kompetensisosial, dankompetensikepribadiandapatsemakinditingkatkan. Sebagaiseorangcalon guru PAUD mahasiswajugabisamengembangkankemampuannyamulaidarimenyusun RKH, membuat media, sertamengembangkanalatpenilaian. PraktikPengalamanLapangan di laksanakanselamasatubulan. Sebelumkegiataninidilaksanakanterdapatberbagaipersiapan yang dilakukan. Persiapaniniantara lain;praktikpembelajaran micro, real puppil, pembekalan PPL, sertakonsultasi program padaDosenPembimbingLapangan (DPL) dan guru pembimbing. Hal-haltersebutperludiilaksanakan agar kegiatanPraktikPengalamanLapangandapatberjalandenganbaikdanlancar.PraktikPe ngalamanLapanganinidilaksnakan di TK Taman IndriaDlingo. TK Taman IndriaDlingoberalamatkan di Nglampengan, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. TK inimemiliki 2 kelasdengan 3 orang pendidik. Pembelajaran di TK inimenggunakan model kelompok. Terdapatsatuekstra yang dilaksanakan di TK iniyaituekstralukis. Praktikmengajardilakukanselama 4 kali, 2 kali secaraterbimbingdan 2 kali mandiri. RencanaKegiatanPembelajaranyangaakandilaksanakan di kelasterlebihdahuluharusdikonsultasikankepada guru pembimbing. Kemudianberdasarkan RKH yang telahmendapatkanpersetujuan guru, mahasiswabisamembuat media pembelajarandaninstrumenpenilaain. Semakinmenarik media pembelajaran yang dibuatakansemakinmembuatanakantusiasdalambelajar.PenyelenggaraankegiatanPra ktikPembelajaranLapangan yang telahberjalandenganlancarinididukungolehkerjasamaantaramahasiswadengansekola h.