@techreport{UNY31738, type = {Project Report}, year = {2015}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORANPRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK TAMAN INDRIA DLINGO BANTUL YOGYAKARTA}, author = {Eki Trijaya Putra Eki Trijaya Putra}, keywords = {PPL, TK Taman Indria Dlingo, Mengajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31738/}, abstract = {PraktikPengalamanLapanganadalahsebuahsaranabagimahasiswa program kependidikanuntuksemakinmeningkatkankemampuandalammengelolapembelajaran. Melaluikegiatanini,keempatkompetensi guru yang meliputikompetensipedagogik, kompetensiprofesional, kompetensisosial, dankompetensikepribadiandapatsemakinditingkatkan. Sebagaiseorangcalon guru PAUD mahasiswajugabisamengembangkankemampuannyamulaidarimenyusun RKH, membuat media, sertamengembangkanalatpenilaian. PraktikPengalamanLapangan di laksanakanselamasatubulan. Sebelumkegiataninidilaksanakanterdapatberbagaipersiapan yang dilakukan. Persiapaniniantara lain;praktikpembelajaran micro, real puppil, pembekalan PPL, sertakonsultasi program padaDosenPembimbingLapangan (DPL) dan guru pembimbing. Hal-haltersebutperludiilaksanakan agar kegiatanPraktikPengalamanLapangandapatberjalandenganbaikdanlancar.PraktikPe ngalamanLapanganinidilaksnakan di TK Taman IndriaDlingo. TK Taman IndriaDlingoberalamatkan di Nglampengan, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. TK inimemiliki 2 kelasdengan 3 orang pendidik. Pembelajaran di TK inimenggunakan model kelompok. Terdapatsatuekstra yang dilaksanakan di TK iniyaituekstralukis. Praktikmengajardilakukanselama 4 kali, 2 kali secaraterbimbingdan 2 kali mandiri. RencanaKegiatanPembelajaranyangaakandilaksanakan di kelasterlebihdahuluharusdikonsultasikankepada guru pembimbing. Kemudianberdasarkan RKH yang telahmendapatkanpersetujuan guru, mahasiswabisamembuat media pembelajarandaninstrumenpenilaain. Semakinmenarik media pembelajaran yang dibuatakansemakinmembuatanakantusiasdalambelajar.PenyelenggaraankegiatanPra ktikPembelajaranLapangan yang telahberjalandenganlancarinididukungolehkerjasamaantaramahasiswadengansekola h.} }