eprintid: 31705 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/17/05 datestamp: 2016-04-25 01:21:08 lastmod: 2019-10-01 11:51:15 status_changed: 2016-04-25 01:21:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: PRISTA ARDI NUGROHO, PRISTA ARDI NUGROHO title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 1 SRANDAKAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PPL menghadapkan pada interaksi langsung dengan siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Pada tahun akademik ini, kegiatan PPL dilaksanakan terpisah dengan KKN. Kegiatan PPL dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL berlokasi di SMA Negeri 1 Srandakan. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi pra PPL di bulan Juni 2015. Kegiatan PPL tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X.1, X.2, X.3, dan X.4. kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, metode make a match dan diskusi kelompok kecil. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan meliputi papan permainan MiFa (Mitos atau Fakta) dari lembar kertas dengan tulisan Mitos dan Fakta. Peralatan yang digunakan antara lain white board, dan spidol. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar selama minimal 4 kali tatap muka, namun pada pelaksanaannya mahasiswa praktikan tampil sebanyak 6 kali tatap muka (mengisi materi) ditambah dengan 1 kali ulangan harian (setiap kelas 1 kali ulangan harian) dan 1 kali remedial. Alokasi waktu setiap pertemuan adalah 2 jam pelajaran. Jadi dalam satu minggu mahasiswa praktikan mengajar 8 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidik siswa di luar kelas. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: PRISTA ARDI NUGROHO, PRISTA ARDI NUGROHO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 1 SRANDAKAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31705/1/Cover%2CHalaman%20Pengesahan%2C%20Kata%20Pengantar%2C%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/31705/2/BAB%20I%20-%20III.pdf