@phdthesis{UNY31648, school = {UNY}, year = {2016}, month = {April}, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Domain IPA Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Imiah Peserta Didik}, author = {Agus Dwianto}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31648/}, keywords = {perangkat pembelajaran, domain IPA, potensi lokal, keterampilan proses IPA, sikap ilmiah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal yang layak untuk pembelajaran IPA materi ?Perubahan Benda di Sekitar Kita? peserta didik kelas VII SMP, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model 4D Thiagarajan yang meliputi empat langkah, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate dan model pengembangan Borg \& Gall yang dilaksanakan sampai dengan langkah ke-7 yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) developing preliminarry form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, dan (7) operational product revision. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 65 peserta didik dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan peserta didik dari kelas VIIA sejumlah 22 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 22 peserta didik dari kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan 21 peserta didik kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk berupa angket, serta instrumen pengumpulan data berupa soal keterampilan proses, angket sikap ilmiah peserta didik, soal hasil belajar, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap LKPD, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa nilai tes keterampilan proses IPA, hasil angket sikap ilmiah, dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal yang dikembangkan: (1) layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi perubahan benda di sekitar kita pada peserta didik kelas VII SMP, dan (2) efektif untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII SMP} }