@techreport{UNY31642, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul}, year = {2015}, author = {Ayu Chandra Sukmawati Ayu Chandra Sukmawati}, type = {Project Report}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31642/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro berlokasi di Dusun Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Menengah dan non Formal Kabupaten Bantul. Program PPL di SMP N 2 Sentolo dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 16 kali untuk 4 kelas. yaitu kelas X TKR C, XI TKR C, XII TKR D, dan XII TSM A. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain media audio visual, presentasi materi berupa power point, buku paket Bahasa Indonesia SMK, dan modul. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta terfokus pada ponsel, berbicara dengan teman di luar topik pembelajaran dll. Namun, hal ini dapat dikendalikan dengan adanya koordinasi yang baik antara mahasiswa praktikan dengan guru pembimbing lapangan dalam pengelolaan kelas. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. ProgramPPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.} }