eprintid: 31558 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/15/58 datestamp: 2016-04-21 03:27:17 lastmod: 2019-10-01 11:49:37 status_changed: 2016-04-21 03:27:17 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Khodijatunnida, Khodijatunnida title: LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain KKN dan tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan mahasiswa merupakan salah satu wadah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman profesi yang dapat diandalkan. Dalam PPL mahasiswa akan dihadapkan pada kondisi riil aplikasi bidang keilmuan, seperti kemampuan mengajar, kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi, dan kemampuan manajerial kependidikan lainnya. Dalam PPL, mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa sekaligus memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidikan profesional. Penyusun melaksanakan observasi pada Rabu, 4 Februari 2014 sampai Kamis, 5 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali pertemuan pengajaran terbimbing, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusun melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrumen; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh Ibu Muthmainah, M. Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2015 di TK ABA Pakis. date: 2015 publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Khodijatunnida, Khodijatunnida (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31558/1/Khodijatunnida_12111241047.pdf