@phdthesis{UNY31554,
          author = {Eva Zuniana Nurohmah},
           title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD N PLEBENGAN, BAMBANGLIPURO, BANTUL},
          school = {PGSD},
           month = {April},
            year = {2016},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/31554/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang dikembangkan di SD N Plebengan, implementasi pendidikan karakter, dan langkah yang dilakukan guru dalam membangun budaya kelas untuk mendidik karakter siswa SD N Plebengan. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa di SD N Plebengan.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  pengumpulan  data  berupa observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Analisis data menggunakan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang dikembangkan di SD N Plebengan ada 18 nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Implementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran, peraturan sekolah, pada pelaksanaan ekstrakurikuler, dan pada pelaksanaan bimbingan konseling. Ada 6 langkah yang dilakukan guru dalam membangun budaya kelas untuk mendidik karakter siswa SD N Plebengan yaitu membuat kesepakatan awal, memberi contoh yang konsisten dan tanggung jawab, mengawasi dan mengondisikan, mengarahkan dan mengontrol, pembiasaan, dan tindak lanjut. 

Kata kunci: Implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter}
}