%A Istinur Permatasari %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2016 %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Kota Gede masih monoton dalam memainkan bola dan kasti. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kota Gede 1 dalam memainkan alat olahraga bola kasti dan simpai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes kreativitas gerak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB di SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas gerak menggunakan bola kasti dan simpai dari Wisnu Dwi Saputra (2011) dengan validitas tes menggunakan bola sebesar 0,943 dan menggunakan simpai sebesar 0,946, sedangkan reliabiltas tes menggunakan bola kasti dan simpai sebesar 0,925. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka hasilnya sebagai berikut: (1) Kreativitas siswa kelas V di SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta dalam memainkan bola kasti berada pada kategori “sangat kurang kreatif” sebesar 5% (3 siswa), “kurang kreatif” sebesar 38,33% (23 siswa), “cukup kreatif” sebesar 21,67% (13 siswa), “kreatif” sebesar 31,67% (19 siswa), dan “sangat kreatif” sebesar 3,33% (2 siswa), (2) Kreativitas siswa kelas V di SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta dalam memainkan simpai berada pada kategori “sangat kurang kreatif” sebesar 11,67% (7 siswa), “kurang kreatif” sebesar 16,67% (10 siswa), “cukup kreatif” sebesar 46,67% (28 siswa), “kreatif” sebesar 21,67% (13 siswa), dan “sangat kreatif” sebesar 3,33% (2 siswa). %L UNY31536 %K kreativitas siswa, memainkan bola, simpai %T KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA GEDE 1 DALAM MEMAINKAN ALAT OLAHRAGA BOLA KASTI DAN SIMPAI