eprintid: 31527 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/15/27 datestamp: 2016-04-21 02:05:13 lastmod: 2019-10-01 11:52:14 status_changed: 2016-04-21 02:05:13 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Romi Herjanto, Romi Herjanto title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 2 BANTUL ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL/Magang III UNY 2015, SMP N 2 Bantul, Fakultas Ilmu Keolahragaan abstract: Mahasiswa di tuntut untuk bisa berperan penting di dalam sekolah, baik dalam hal mengajar maupun non-mengajar. Setelah lulus MicroTeaching di dalam matakuliah mahasiswa yang dilakukan di fakultas masing-masing, hal ini adalah pelatihan dasar mahasiswa dalam hal memberikan materi pengajaran baik di dalam kelas maupun praktik. Mahasiswa di sekolah di tuntun untuk bisa sekreatif mungkin dalam hal mengajar. Selain dapat memajukan siswa menjadi lebih kreatif dan kritis pesesta didik dapat mengenal beberapa materi pembelajaran yang bersifat baru yang belum pernah di berikan oleh guru mata pelajaran di sekolah. Peserta didik juga mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (ketrampilan hidup) dan mengkondisikan waktu belajarnnya. Observasi dilakukan dengan metode: (1) Silaturahmi, (2) Tanya jawab, (3) Dokumentasi, dan (4) Melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja PPL/Magang III di sekolah SMK Negeri 1 Kasihan Bantul yang akan dilaksanakan meliputi program mengajar dan non-mengajar. Dilaksanankan di sekolah tersebut dengan melihat potensi peserta didik, sarana dan prasarana, serta keadaan lingkungan yang mendukung. Program kerja PPL/Magang III di SMP N 2 Bantul, untuk mengajar berupa observasi, mengamati proses KBM yang sedang berlangsung, mempersiapkan objek/bahan untuk materi ajar, mengajar didalam kelas, membuat Rancana Program Pembelajaran (RPP), mempersiapkan alat dan bahan, rapat koordinasi dengan guru pembimbing lapangan serta koordinasi dengan guru pembimbing. Untuk program non-ngajar berupa rapat koordinasi dengan piket perpustakaan, praktek, serta ruang teori, rapat koodinasi antar lembaga dengan koordinasi programyang akan di laksanakan sebelum berlangsungnya program di sekolah. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Secara keseluruhan semua program kerja terlaksana sesuai dengan perencanaan. Keberhasilan dilihat dari antusias peserta didik dan kerjasama antara anggota baik dari lembaga sekolah maupun antar teman kelompok PPL/Magang III UNY dan Universitas lain yang sedang magang. Semua kegiatan-kegiatan dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang tidak mengecewakan, hal itu terbukti dari besar antusias kepala sekolah, guru, dan masyarakat sekolah. Dengan demikin, setelah kegiatan PPL/Magang III berakhir diharapkan peserta didik dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada baik dari segi akademik maupun non akademik. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Romi Herjanto, Romi Herjanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31527/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/31527/2/lembar%20pengesahan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/31527/3/isi%20laporan.pdf