%0 Thesis %9 S1 %A Permana Dewi, Nindha %A M. Djazari, M.Pd., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:31426 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Analisis Kualitas Soal, Ekonomi Akuntansi, SMA Negeri 1 Piyungan %T ANALISIS KUALITAS SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/31426/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh soal Ulangan Tengah Semester Gasal Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk memperoleh data berupa kisi-kisi soal, soal ulangan, kunci jawaban dan lembar jawaban siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Piyungan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 65 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan bantuan program Anates versi 4.0.9 dan perhitungan manual dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi Validitas, soal yang valid berjumlah 12 butir (60%) dan soal yang tidak valid berjumlah 8 butir (40%); (2) Ditinjau dari segi Reliabilitas, soal tidak reliabel atau memiliki Reliabilitas yang rendah dengan koefisien sebesar 0,288; (3) Ditinjau dari segi Tingkat Kesukaran, soal yang tergolong sukar berjumlah 3 butir (15%), soal yang tergolong sedang berjumlah 15 butir (75%), dan soal yang tergolong sangat mudah berjumlah 2 butir (10%); (4) Ditinjau dari segi Daya Pembeda, soal yang memiliki Daya Pembeda sangat buruk berjumlah 3 butir (15%), soal yang memiliki Daya Pembeda buruk berjumlah 4 butir (20%), soal yang memiliki Daya Pembeda cukup berjumlah 5 butir (25%), soal yang memiliki Daya Pembeda baik berjumlah 4 butir (20%), dan soal yang memiliki Daya Pembeda sangat baik berjumlah 4 butir (20%); (5) Ditinjau dari segi Efektivitas Pengecoh, soal yang memiliki pengecoh sangat baik berjumlah 12 butir (60%), soal yang memiliki pengecoh baik berjumlah 6 butir (30%), soal yang memiliki pengecoh cukup berjumlah 1 butir (5%), dan soal yang memiliki pengecoh kurang baik berjumlah 1 butir (5%).