%I UNY %D 2012 %T Pengaruh Media Kartu Bergambar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pecahan di SDN Murung Sari 1 Amuntai %L UNY31416 %K media kartu bergambar, motivasi, hasil belajar %A Rahmawati Rahmawati %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media kartu bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar pecahan di SDN Murung Sari 1 Amuntai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Murung Sari 1 Amuntai Propinsi Kalimantan Selatan semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan cara acak diambil dua kelas yang masing-masing terdiri dari 32 siswa dengan menggunakan media kartu bergambar dan 30 siswa tanpa menggunakan kartu bergambar dari dua kelas yang ada. Untuk mengukur hasil belajar diberikan sebanyak 15 butir soal dan untuk mengukur motivasi belajar siswa berupa angket motivasi sebanyak 15 butir pernyataan yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas dan realibilitas instrumen dihitung dengan program Iteman. Analisis data menggunakan statistik uji independent t untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar dan tanpa menggunakan kartu media bergambar dalam pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media kartu bergambar yang signifikan terhadap motivasi belajar pecahan di SDN Murung Sari 1 Amuntai, artinya media kartu bergambar mampu meningkatkan motivasi belajar pecahan siswa SDN Murung Sari 1 Amuntai, dan (2) terdapat pengaruh media kartu bergambar yang signifikan terhadap hasil belajar pecahan di SDN Murung Sari 1 Amuntai, artinya media kartu bergambar mampu meningkatkan hasil belajar pecahan siswa SDN Murung Sari 1 Amuntai.