%0 Thesis %9 S2 %A Sariyatno, Bintang %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:31413 %I UNY %K deskriptor spesifik kkni level 6, pengajaran mikro, validitas isi, reliabilitas instrumen %T Pengembangan Instrumen Lembar Observasi Pengukuran Ketercapaian KKNI Level 6 Pada Pengajaran Mikro Pendidikan Biologi Strata 1 Universitas Negeri Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/31413/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) validitas isi, (b) reliabilitas instrumen lembar observasi pengukuran pengajaran mikro yang digunakan untuk mengukur ketercapaian ketercapaian KKNI level 6 pada program studi pendidikan biologi. Penelitian ini adalah research and development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Brog & Gall yang telah dilakukan modifikasi menjadi 9 tahap. Tahapan penelitian ini terdiri sembilan tahap, yaitu (1). Penelitian dan pengumpulan informasi; (2). Perencanaan; (3). Penyusunan dan perancangan kisi-kisi instrumen; (4). Validasi isi; (5). Revisi produk I; (6).Uji coba produk secara empiris; (7). Revisi produk II; (8). Produk final: (9). Diseminasi produk. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa pengajaran mikro Jurusan Pendidikan Biologi yang diambil secara acak pada 4 kelas, jumlah subjek penelitian yang diamati berjumlah 13 mahasiswa dengan melibatkan 8 orang dosen pengampu sebagai observer. Hasil penelitian pada menunjukkan bahwa validitas isi pada penelitian ini telah memiliki kesesuaian konteks aitem dengan tujuan pengukuran instrumen dan aitem-aitem instrumen lembar observasi telah merepresentasikan ciri-ciri atribut yang diukur. Instrumen pengukuran pengajaran mikro ini terdiri atas 4 deskriptor spesifik KKNI level 6; 11 learning outcome, 27 indikator utama, dan 74 item. Reliabilitas instrumen dari instrumen lembar observasi pengajaran mikro untuk masing-masing deskriptor spesifik KKNI level 6, antara lain: deskriptor spesifik pertama memiliki koefisien reliabilitas 0,986 yang termasuk reliabilitas tinggi, deskriptor spesifik ke dua memiliki koefisien reliabilitas 0,984 yang termasuk relibilitas tinggi, deskriptor spesifik ke tiga memiliki koefisien reliabilitas 0, 841 yang termasuk reliabilitas tinggi, dan deskriptor spesifik ke empat memiliki koefisien reliabilitas 0,964 yang termasuk reliabilitas tinggi