eprintid: 31407
rev_number: 16
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/03/14/07
datestamp: 2016-04-20 01:55:58
lastmod: 2022-03-08 06:58:15
status_changed: 2016-04-20 01:55:58
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Himmatunnihayah, Himmatunnihayah
title: Evaluasi Penyelenggaraan Program Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Kejar Paket B dan C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Batang
ispublished: pub
subjects: D0
subjects: pend_luar_biasa
divisions: pps_lit_evazdik
full_text_status: restricted
keywords: evaluasi, sanggar, paket, kontek, input, proses, produk.
abstract: Penelitian ini bertujuan: (1) memperoleh gambaran tentang relevansi program pembelajaran bahasa Inggris dengan kebutuhan warga belajar. (2) memperoleh gambaran tentang karakteristik input yang terlibat dalam program. (3) mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran bahasa Inggris di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Batang, dan (4) menemukan gambaran tentang seberapa jauh keberhasilan program pembelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan Sanggar Kegiatan Belajar di Kabupaten Batang.
Penelitian ini adalah penelitian evaluative yang menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subjek penelitian ini adalah seluruh warga belajar Kejar Paket B dan C, pamong belajar, dan kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Batang. Kejar Paket B terdiri dari 24 siswa dan Kejar Paket C terdiri dari 66 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pengamatan, dan angket. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan prosentase melalui pengeditan data, pemberian kode, dan tabulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi program pembelajaran bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh SKB Batang adalah cukup kuat dengan kebutuhan warga belajar dan juga sesuai dengan harapan penyelenggara. Dilihat dari karakteristik warga belajar, kebutuhan belajar, pamong belajar, penyelenggara dan ketersediaan sarana prasarana pada Kejar Paket B dan Kejar Paket C di SKB kabupaten Batang, maka semuanya itu mendukung terlaksananya program pembelajaran bahasa Inggris secara baik. Proses pembelajaran pada program pembelajaran bahasa Inggris pada Kejar Paket B dan C di SKB Kabupaten Batang ini berjalan dengan baik. Hanya saja warga belajar dalam kegiatan tatap muka masih kurang aktif. Program pembelajaran bahasa Inggris ini cukup berhasil sehingga memberikan manfaat bagi warga belajar, yaitu menambah dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan warga belajar dalam bidang bahasa Inggris
date: 2016-01-30
date_type: published
institution: UNY
department: Program Pascasarjana
thesis_type: tesis
citation:   Himmatunnihayah, Himmatunnihayah  (2016) Evaluasi Penyelenggaraan Program Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Kejar Paket B dan C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Batang.  S2 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/31407/1/tesis-himmatunnihayah-06701251041.pdf