@phdthesis{UNY31400, school = {UNY}, title = {Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri Kabupaten Sleman Yogyakarta}, year = {2016}, month = {April}, author = {Sidik Purwoko}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31400/}, keywords = {kepemimpinan kepala sekolah, komitmen, disiplin kerja, budaya sekolah, dan kinerja guru}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kabupaten Sleman, 2) pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri di Kabupaten Sleman, 3) pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri di Kabupaten Sleman, 4) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri di Kabupaten Sleman, dan 5) pengaruh kepemimpinan, komitmen guru, disiplin kerja guru dan budaya sekolah secara simultan terhadap kinerja guru di SMK Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri yang berada di Kabupaten Sleman yang berjumlah 659 orang. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan mengacu table Krejcie dan Morgan pada sampling error 5\% sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 242 guru. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas AlphaCronbach?s. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan tingkat signifikansi ditentukan sebesar 5\%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar (a) 21,60\% variasi yang terjadi pada kinerja guru ditentukan oleh kinerja kepemimpinan kepala sekolah, (b) 15,8\% variasi yang terjadi pada kinerja guru ditentukan oleh kinerja kepemimpinan kepala sekolah, Komitmen Guru, (c) 18,6\% variasi yang terjadi pada kinerja guru ditentukan oleh Disiplin Kerja, (d) 24,7\% variasi yang terjadi pada kinerja guru ditentukan Budaya Sekolah, (e) 51,2\% variasi yang terjadi pada kinerja guru ditentukan oleh kinerja kepemimpinan kepala sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja dan Budaya Sekolah secara simultan} }