TY - THES A1 - Fathurrahman, Muhammad PB - UNY Y1 - 2012/07/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan kepala sekolah oleh dinas pendidikan Kabupaten Barito Kuala dan pemberdayaan kepala sekolah dalam membangun mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dinas pendidikan, kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui pendekatan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interactive model. Proses analisis tersebut mengandung komponen reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Pemberdayaan kepala sekolah dasar dilaksanakan dinas pendidikan dengan memberikan pelatihan bagi calon dan yang menjabat sebagai kepala sekolah. Pemberdayaan dilaksanakan kelompok kerja kepala sekolah dengan membekali kepala sekolah dengan materi kepemimpinan (2) Pemberdayaan kepala sekolah dalam membangun mutu pendidikan dengan melaksanakan supervisi kelas secara terencana dan pemberdayaan guru dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk ikut pelatihan atau seminar, dan mewajibkan guru untuk ikut Kelompok Kerja Guru. UR - http://eprints.uny.ac.id/31386/ AV - public TI - Pemberdayaan Kepala Sekolah Dalam Membangun Mutu Pendidikan di Kabupaten Barito Kuala KW - kepala sekolah KW - mutu pendidikan M1 - tesis ID - UNY31386 ER -