%0 Thesis %9 S1 %A Widyaningsih, Eni %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:31370 %I PGSD %T PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA PEMBELAJARAN DI SDN SERAYU %U http://eprints.uny.ac.id/31370/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Komite Sekolah dalam Pengelolaan Sarana Pembelajaran di SDN Serayu. Ada pun aspek yang diteliti meliputi peran komite sekolah sebagai badan pemberi pertimbangan (Advisory Agency), pendukung (Supporting Agency), pengawas (Controlling Agency), dan mediator atau penghubung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dilakukan dengan cara uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) komite SDN Serayu telah melaksanakan perannya sebagai badan pemberi pertimbangan (Advisory Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran dengan cara memberikan masukan, ide, dan saran dalam perencanaan di rapat RAPBS, (2) komite SDN Serayu telah melaksanakan peran sebagai pendukung (Supporting Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran melalui kepanitiaan dalam pengadaan, pengumpulan dana, dan pemberian bantuan, serta penggunaan sarana pembelajaran, (3) komite SDN Serayu telah berperan sebagai pengawas (Controlling Agency) dalam pengelolaan sarana pembelajaran yaitu dengan mengawasi anggaran dalam RAPBS untuk pengadaan sarana pembelajaran dan mengawasi penggunaan sarana pembelajaran, dan (4) komite SDN Serayu telah melaksanakan perannya sebagai mediator yaitu menjadi penghubung antara sekolah dengan orang tua, masyarakat, dan dinas dalam pengadaan sarana, penyalur dana serta penyalur aspirasi dari pihak luar. Kata kunci: peran Komite Sekolah, pengelolaan sarana pembelajaran