eprintid: 3131 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/31/31 datestamp: 2012-08-07 23:58:30 lastmod: 2019-01-29 15:32:20 status_changed: 2012-08-07 06:30:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Diarizki, Septiana title: IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP STOKIOMETRI LARUTAN PADA SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN MENGGUNAKAN DEMONSTRASI CLOCK REACTION TERSTRUKTUR ispublished: unpub subjects: F3 divisions: fmipa_jurdik_kimia_kimia full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Profil pemahaman konsep stoikiometri larutan; 2) bentuk - bentuk miskonsepsi pada konsep stoikiometri larutan yang terjadi pada siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun . ijaran 2007/2008 yang dapat diungkap dengan menggunakan demonstrasi clock reaction terstrutur. Penelitian ini meru-pakan'penelitian berjenis survey dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang mengungkap pemahamun konsep siswa dengan menggunakan demonstrasi clock reaction terstruktur. P.-meriksaan keabsahan data dilakukan dengan berkonsultasi kepada ahli dan menggunakan sumber - sumber data pendukung. Hasil demonstrasi clock reaction terstruktur menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep dari seluruh demonstrasi dinyatakan dalam persentase rata - rata yaitu untuk siswa yang tergolong dalam derajat tidak paham konsep sebanyak 4%, miskonsepsi 34,5%, paham sebagian dan miskonsepsi 24,75%, paham sebagian 24,50%, dan paham konsep 16,83%. Bentuk - bentuk miskonsepsi yang terjadi pada siswa yang terungkap dengan demonstrasi clock reaction terstruktur antara lain : a) miskonsepsi pada tingkat definisi konsep, yaitu : (1) A1 (s) berubah menjadi Cu berwarna coklat, dan CuClz (aq) berubah menjadi AIC1J tidak berwarna (bening); (2) reaksi asam - basa dengan pH = 7 merupakan reaksi penggaraman, b) miskonsepsi pada tingkat ciri konsep, yaitu : (1) molaritas berubah menurut koefisien reaksi yang setara; (2) perbandingan mol reaksi dalam suatu reaksi kimia selalu 1 : 1; (3) tidak dapat membedakan basa monovalen dan bivalcn, c) miskonscpsi pada tingkat aplikasi konscp, yaitu : (1) rumus menghitung volume gas, v = n x 22,4 L digunakan untuk menghitung volume Al (s) dan CuCIZ (aq); (2) kesalahan penulisan persamaan reaksi, yaitu pada reaksi antara lempeng alumunium dengan larutan CuCl3 . date: 2010-09-03 date_type: published institution: UNY department: Fakultas MIPA thesis_type: skripsi citation: Diarizki, Septiana (2010) IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP STOKIOMETRI LARUTAN PADA SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN MENGGUNAKAN DEMONSTRASI CLOCK REACTION TERSTRUKTUR. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/3131/1/IDENTIFIKASI_PEMAHAMAN_KONSEP_STOKIOMETRI_LARUTAN.docx