%T IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP STOKIOMETRI LARUTAN PADA SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN MENGGUNAKAN DEMONSTRASI CLOCK REACTION TERSTRUKTUR %A Septiana Diarizki %I UNY %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Profil pemahaman konsep stoikiometri larutan; 2) bentuk - bentuk miskonsepsi pada konsep stoikiometri larutan yang terjadi pada siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun . ijaran 2007/2008 yang dapat diungkap dengan menggunakan demonstrasi clock reaction terstrutur. Penelitian ini meru-pakan'penelitian berjenis survey dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang mengungkap pemahamun konsep siswa dengan menggunakan demonstrasi clock reaction terstruktur. P.-meriksaan keabsahan data dilakukan dengan berkonsultasi kepada ahli dan menggunakan sumber - sumber data pendukung. Hasil demonstrasi clock reaction terstruktur menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep dari seluruh demonstrasi dinyatakan dalam persentase rata - rata yaitu untuk siswa yang tergolong dalam derajat tidak paham konsep sebanyak 4%, miskonsepsi 34,5%, paham sebagian dan miskonsepsi 24,75%, paham sebagian 24,50%, dan paham konsep 16,83%. Bentuk - bentuk miskonsepsi yang terjadi pada siswa yang terungkap dengan demonstrasi clock reaction terstruktur antara lain : a) miskonsepsi pada tingkat definisi konsep, yaitu : (1) A1 (s) berubah menjadi Cu berwarna coklat, dan CuClz (aq) berubah menjadi AIC1J tidak berwarna (bening); (2) reaksi asam - basa dengan pH = 7 merupakan reaksi penggaraman, b) miskonsepsi pada tingkat ciri konsep, yaitu : (1) molaritas berubah menurut koefisien reaksi yang setara; (2) perbandingan mol reaksi dalam suatu reaksi kimia selalu 1 : 1; (3) tidak dapat membedakan basa monovalen dan bivalcn, c) miskonscpsi pada tingkat aplikasi konscp, yaitu : (1) rumus menghitung volume gas, v = n x 22,4 L digunakan untuk menghitung volume Al (s) dan CuCIZ (aq); (2) kesalahan penulisan persamaan reaksi, yaitu pada reaksi antara lempeng alumunium dengan larutan CuCl3 . %L UNY3131 %D 2010